MY ACNE DIARY #4 - SKIN UPDATE & SKINCARE ROUTINE

by - March 29, 2020

Halo, teman-teman! Apakabar? Semoga selalu sehat, ya 🖤

Kali ini aku mau share lagi ceritaku sebagai pejuang jerawat dan sekalian mau update skincare routine pagi dan malam hari yang sebenarnya ga banyak berubah sih dari artikel terakhir yang aku publish tentang acne diary #3 beberapa waktu yang lalu.

Baca juga: Acne Diary 2

Beberapa bulan terakhir ini aku hanya memfokuskan diri di basic skincare routine yang sifatnya hydrating dan moisturizing. Tapi, saat ini (tepatnya seminggu yang lalu) aku merasa kalau kondisi bekas jerawatku tidak cukup hanya dengan bergantung pada basic skincare, yang artinya aku mulai menyadari serum dan essence patut dipertimbangkan untuk aku masukan ke slot skincare routineku lagi seperti setahun yang lalu. Yups! Awal aku bebas kenal skincare, aku langsung menerapkan 10 step Korean Skincare, dan memang ampuh banget untuk membasmi breakout terparahku. Sejak breakoutku sembuh, dan tersisa bekasnya, perlahan aku mulai mengurangi step skincare dan hanya tersisa basic skincare, yaitu double cleanser, toner, moisturizer, sunscreen, dan beberapa weekly treatment seperti, eksfoliasi, sleeping mask, dan masker-masker wajah lainnya.

𝐒𝐊𝐈𝐍 𝐔𝐏𝐃𝐀𝐓𝐄

skincare routine acne prone skin
Pipi Kiri
Bisa dilihat, tekstur kulit wajahku mirip kulit jeruk, dengan pori-pori besar dan bekas jerawat yang sebagian besar kemerahan. Bekas jerawat merah ini sejujurnya jauh lebih susah dihilangkan atau dipudarkan dibanding dengan noda bekas jerawat hitam. Selain itu ada satu jerawat yang baru saja pecah dan beberapa jerawat baru yang sudah ga aktif, jadi tinggal nunggu kempes bengkaknya. 
skincare routine acne prone skin
Pipi Kanan
Kalau di pipi kananku memang cenderung lebih jarang berjerawat dibanding pipi kiriku, makanya bekas jerawatnya lebih sedikit. Tapi, ga jarang juga sih ada jerawat yang bersamaan tumbuh antara pipi kiri dan kanan, kaya di foto ini. Dan keduanya juga bersamaan kempesnya. Di foto pipi kananku ada dua jerawat yang mirip dan tumbuh bersamaan, dan juga bengkaknya kempes bersamaan. 
skincare routine acne prone skin
Dagu
Nah, kalau bagian dagu jarang banget berjerawat. Tapi, bagian dagu ini rentan tersumbat pori-porinya, dan jadi sarang whitehead alias komedo. Aku masih meraba-raba exfoliator skincare yang mempan untuk masalah-masalah whitehead dan blackhead dibagian hidung. 

Bagian yang paling jarang sekali berjerawat ada kening. Paling kalau tumbuh jerawat disekitar pelipis atau alis, makanya ga aku foto karna bagian kening itu mulus banget.

Kondisi kulit wajahku saat aku ambil foto ini sedikit lebih baik dibanding beberapa minggu sebelumnya. Skintoneku lebih cerah dan merata, terbukti dengan salah satu BB Creamku, sekarang finishnya sudah ga abu-abu. Selain itu, kulit wajahku juga lebih glowing shining shimmering splendid 

Baca juga: Acne Diary 1

𝐒𝐊𝐈𝐍𝐂𝐀𝐑𝐄 𝐑𝐎𝐔𝐓𝐈𝐍𝐄 

skincare routine acne prone skin
Updated Skincare Routine
Seperti yang aku mention diatas, skincare routineku ga banyak berubah, dan tentunya produk-produk yang aku gunakan affordable price 😍

🔆 𝐀𝐌 𝐒𝐊𝐈𝐍𝐂𝐀𝐑𝐄 𝐑𝐎𝐔𝐓𝐈𝐍𝐄

skincare routine acne prone skin
AM Skincare Routine
Sama seperti acne diary #3 sebelumnya, pagi hari aku ga pakai double cleansing sama sekali. Aku membersihkan sisa-sisa skincare hanya dengan bilas dengan air mengalir. Hal ini aku lakukan untuk meminimalisir minyak alami wajahku terangkat supaya ga dehidrasi atau kering. Sebenarnya metode ini pro - kontra, sih. Sebagian ada yang bilang metode ini dapat menyumbat pori-pori karena sisa skincare semalam ga dibersihkan dengan benar, yang kemudian ditimpa dengan skincare pagi. Tapi, menurutku skincare ga ada aturan mengikat, dan setiap metode ga selalu cocok dengan kulit wajah setiap individu.

Viva Face Tonic - Bengkoang
Produk satu ini ibarat kata never die banget di skincare routineku. Selain murah, juga ga buat breakout. Kalau pagi hari, toner ini aku fungsikan sebagai cleanser. Meskipun aku ga cuci muka dengan face wash, tapi aku bersihkan kulit wajahku dengan toner ini. Cukup ampuh untuk angkat debu-debu kotoran. Iya, meskipun dirumah aja dan malam hari, sekitar rumahku selalu aja ada debu 😅

Garnier Essence Sakura White
Aku sudah punya essence ini sejak delapan bulan yang lalu, dan jarang banget aku pakai karna memang pada saat itu sedang mau basic skincare saja, dan kebetulan essence memicu jerawat-jerawat baru muncul. Tapi, seminggu terakhir ini aku kembali pakai essence ini, dan ternyata lebih nyaman dipakai tanpa memicu jerawat baru. 

Garnier Day Cream Sakura White
Aku keracunan untuk coba produk ini setelah baca salah satu postingan member Female Daily Network tentang produk ini yang katanya bisa mencerahkan. Day cream ini mengandung UV filter, meskipun ga mencantumkan jumlah SPF, tapi aku cukup pakai produk ini saja kalau lagi dirumah saja. Yang aku suka adalah, teksturnya nyaman banget dipake, tanpa greasy sama sekali dan cepat meresap. Aku beli sachet atau travel sizenya seperti ini karna awalnya untuk coba apakah cocok atau engga. Next kalau isi sachet ini habis aku akan repurchase ukuran sachet ini lagi, karena isinya lumayan banyak dan travel friendly sekaliii.
skincare routine acne prone skin
AM Skincare Routine
EMINA SUN PROTECTION SPF 30 PA+++
Saat dirumah saja aku cukup pakai Garnier Day Cream Sakura White, kalau aku pergi entah kemana yang jelas aku keluar rumah, aku selalu double protection dengan tambahan sunscreen. Aku sudah coba beberapa sunscreen, dan akhirnya kembali ke Emina kesayanganku ini. Teksturnya lembab dan cepat meresap, selain itu juga ga menimbulkan whitecast yang berlebihan, proteksinya juga oke punya meski hanya SPF 30.

🌛 𝐏𝐌 𝐒𝐊𝐈𝐍𝐂𝐀𝐑𝐄 𝐑𝐎𝐔𝐓𝐈𝐍𝐄

skincare routine acne prone skin
PM Skincare Routine
Viva Milk Cleanser - Bengkoang
Seperti yang aku bilang sebelumnya, produk-produk Viva ini never die banget di skincare routineku, terutama untuk cleanser milk dan tonernya. Ini adalah tahun kelima aku pakai Viva Milk Cleanser, dan aku ga pernah kecewa. Milk cleanser ini sudah sangat cukup untukku untuk melakukan tugasnya dengan benar, yaitu membersihkan wajah, tanpa buat wajahku kering.

Y.O.U. GOLDEN AGE DEEP CLEANSING FACIAL WASH
My currently favourite!! Face wash ini nyaman banget dipake. Teksturnya creamy lembut warna putih dengan busa yang juga lembut. Wanginya menyegarkan tapi ga lebay. Saat dibilas ga ada kesan kesat, begitupun setelah dibilas, face wash ini sama sekali ga buat kulit wajahku kering. Dan, bisa bantu untuk mencerahkan. Repurchase? OFKORSSS

skincare routine acne prone skin
PM Skincare Routine
Garnier Essence Sakura White
Aku pakai essence ini dua kali sehari. Teksturnya yang gel bening cepat banget meresapnya.

Innisfree Brightening Pore Serum
Sejujurnya aku baru sadar aku butuh sesuatu yang sifatnya brightening sejak aku masukan trial set serum Innisfree. Serum ini setiap sachetnya isi 1ml untuk satu kali pemakaian, dan aku hanya pakai malam hari saja. Untuk review pemakaiannya aku sudah publish di artikel sebelumnya, silahkan ke TKP kalau mau tau review versi aku. Setelah produk ini habis aku sudah menyiapkan serum brightening lainnya, dan akan aku review setelah satu bulan pemakaian. Stay tune!
skincare routine acne prone skin
PM Skincare Routine
HADALABO GOKUJYUN ULTIMATE MOISTURIZING MILK
Pelembab yang aku suka bangett. Teksturnya milky warna putih dan finishnya emang basah banget, makanya aku pake malam hari aja. Efek yang dikasih pelembab ini sesuai namanya, "ultimate moisturizing", jadi ga ada efek mencerahkannya. Ini juga skincare penyelamat waktu aku mengalami dehidrasi dulu.

skincare routine acne prone skin
PM Skincare Routine
Lacoco Watermelon Glow Mask
Guys, kalian harus tau...Ini adalah sleeping mask ter-----nyaman yang pernah aku pakai. Local brand pula! Finishnya ga terlalu basah, tapi masih oke banget untuk kunci kelembaban dari rangkaian  skincare sebelumnya. Setelah pakai ini ada efek glowing, dan kalau rutin pakai bisa bikin cerah sesuai klaimnya. Aku pakai ini kadang setiap hari, kadang dua hari sekali. Pemakaiannya juga hemat banget, sebiji jagung udah cukup untuk semua bagian wajah.

THE ORDINARY RETINOL 0.2% in SQUALANE
Sebenarnya face oil yang mengandung Retinol. Awalnya aku pakai setiap hari, tapi kulitku jadi mudah breakout dan asumsiku over exfoliate. Jadi aku pakai sebagai serum exfoliator seminggu dua kali atau maksimal tiga kali. 

Mustika Ratu Cream Mask Bengkoang
Lagi-lagi aku keracunan postingan member Female Daily Network yang bilang masker ini bisa banget untuk mencerahkan dan memudarkan bekas jerawat. Aku ini tipe orang yang mager maskeran sebenarnya, tapi karna tuntutan hati ingin memudarkan bekas jerawat, akhirnya aku rajin maskeran dengan masker ini seminggu sekali.

Itu dia teman-teman rangkaian skincare routine pagi dan malamku seminggu terakhir ini. Alhamdulillah meskipun ada beberapa skincare yang aku ganti atau tambahkan, ga buat kulitku breakout. Perubahan kecil yang aku notice seminggu dengan skincare ini adalah kulit wajahku lebih glowing, less oily dan skintone lebih merata. Untuk pudarnya bekas jerawat aku sadar betul butuh waktu lebih sabar untuk hasil yang maksimal. Sampai jumpa di acne diary episode selanjutnya. 

XOXO


You May Also Like

0 Comments