MASKER OATMEAL UNTUK KULIT KUSAM DAN JERAWAT

by - February 20, 2018

Hallo Girls. Kali ini aku mau share masker home made yang bahan-bahannya gampang ditemuin dan murah. Yupss !! Oatmeal. Coba cek di kulkas kalian, ada oatmeal gak? Kalo gak ada, tinggal beli di minimarket gampang banget ditemuin. Disini aku pake oatmeal instan dari Quaker yang warna merah karena, oatnya lebih halus dari Quaker yang biru. 
Oatmeal ternyata gak cuma bagus buat program diet loh, tapi juga bagus buat muka. Banyak banget manfaatnya buat muka dan bisa dirasakan dari pemakaian pertama. Oat mengandung antioxidant yang disebut avenanthramide. Avenanthramide bisa mengatasi radang, gatal, dan iritasi. Nah, ini nih bagus buat jerawat yang lagi radang sampe merah dan nyut-nyutan. Atau buat kalian yang kulitnya keracunan karna kandungan skincare yang gak cocok. Biasanya, dokter nyaranin buat rajin pake masker oatmeal ini. Oatmeal juga mengandung vitamin E yang bagus untuk meremajakan kulit. Aku pake oatmeal gak setiap hari, paling cepet ya sekitar 2hari sekali. Karena, oatmeal bisa digunakan sebagai scrub. Setelah diapply diwajah terus dibilas bisa sekalian jadi scrub. Jangan khawatir, butiran-butiran scrubnya halusss banget. Kan setelah oatnya dimasak jadi lembut banget kaya bubur tuh. Menurut beberapa artikel terpercaya yang kubaca, oatmeal adalah termasuk exfoliating yang paling ringan. Tapi tetep gakberani sih pake tiap hari, takut over exfoliate. 
Oya, disini bahan utamanya emang oatmeal, tapi aku kasih tambahan sedikit teh hijau. Teh hijau sebenarnya yang dibutuhkan cuma beberapa tetes sendok teh yang sudah diseduh dan beberapa cuil (yaelah cuil -___-) ampasnyaa sebagai campuran adonan masker. Teh hijau kaya akan antioksidan dan memiliki manfaat dalam mencegah dan menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, dan melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari. Teh hijaunya aku pake buat detox dari dalam alias diminum. Kenapa aku pake sedikit ampasnya? Karena, ampas teh hijau kasar banget. Pernah sekali aku pake ampas teh hijau sebagai bahan utamanya, pas selesai dibilas jerawatnya semakin meradang. Fyi, bagus banget buat pencernaan dan mencegah jerawat dari dalam. Jadi kita sembuhin jerawat gak dari luar aja. Mungkin banyak diantara kalian yang nanya kenapa gak dicampur madu aja? Pertama karna dikos cuma ada teh hijau, kedua aku breakout pake madu. 
Okee, sekarang kita masuk ke bahan-bahan yang dibutuhkan.

masker oatmeal untuk kulit berjerawat
Source: Google.com


1. Oatmeal 
2. Teh Hijau
3. Kuas Masker
4. Wadah

Cara buat:

1. Ambil beberapa sendok teh oatmeal secukupnya. Aku pake 3 sendok teh dan itu udah banyak adonannya sampe numpuk numpuk tebel dimuka,
2. Seduh pake air panas oatmeal sampe berbentuk pasta. Kalo airnya kebanyakan jangan dibuang airnya, aduk aja terus sampe rata,
3. Tambahin beberapa sendok air teh hijau dan sedikit ampas teh hijaunya, aduk lagi, 
4. kalo udah tercampur semua, seandainya tadi kasih airnya kebanyakan jangan dibuang airnya. Didiemin aja dulu adonannya tunggu sampe dingin dan mengental. 
5. kalo udah suhu normal baru apply diwajah. Tunggu sekitar 20-45 menit-an. Kalo aku sih dibilas pas lemak oatmealnya mengering. Oatmealnya gak usah ditunggu sampe bener-bener kering, karna akan sangat lama. Nanti kerasa kok, kalo dimuka udh mulai kaku baru deh dibilas. Boleh gak pake sabun bilasnya, tapi personally aku pake sabun karna gak suka ada licin-licinnya kaya gak bersih aja hehehe.

Note : jangan pakai maskernya pas baru diseduh dalam keadaan panas. Pori-porinya takut kebuka dan makin besar. 

Oya, itu ada botol spray isinya teh hijau yang sengaja aku sisain buat ganti toner dan facemist. Kalo mau pake toner ini juga, usahakan paling lama bertahan 3 hari aja ya girls dan disimpan di kulkas biar lebih awet. Tau kan, teh kalo dibiarin berhari-hari bakal berubah rasa dan teksturnya. Takutnya malah ditumbuhin jamur dan efek buruk dimuka. Jadi, setelah aku bilas maskernya aku biarin airnya kering sendiri tanpa aku lap pake tissue atau handuk meminimalisir gesekan dan bakteri. Setelah kering baru aku spray toner teh hijau ini dan biarkan kering alami. Toner teh hijau bisa dipake sesering mungkin, karna banyak manfaatnya buat wajah. Bahkan ada beberapa orang yang total sembuh radang iritasi dimukanya karna toner teh hijau. Fyi, saat ini aku sedang diet skincare. Serum dan masker Himalaya + Freeman aku berhentiin dulu, tunggu purging sembuh baru nanti dilanjut. 

After Effect Masker Oatmeal + Teh Hijau :
1. Kulit cerah
2. Redness sekitar jerawat radang berkurang

Segitu aja dulu ya Girls. Aku bukan skincare expert yang paham banyak kandungan dan manfaatnya. Disini aku jelaskan apa yang aku pelajari dan pahami sendiri. Maaf kalo ada kekeliruan deskripsi dan mohon koreksinyaa. See u Next post 💙


You May Also Like

3 Comments

  1. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete
  2. Bisa di coba itu spray ny, trims kak

    ReplyDelete