MY ACNE STORY

by - February 18, 2018

Halo, teman-teman! Selamat datang kembali di blog sederhanaku, selamat membaca 😊
Sebelum aku mulai bercerita, pesanku untuk semua pejuang jerawat harus semangat! Badai pasti berlalu, jangan stress, karena akan memicu hormon penyebab jerawat terus muncul.
Awalnya kulit aku normal-kombinasi dan tidak termasuk acne prone skin. Kalaupun tumbuh jerawat, biasanya saat sedang PMS atau saat malas membersihkan muka, itupun cepat sembuh tanpa perlu treatment atau skincare macam-macam. Masalah kulit terberat saat jaman SMA, yaitu kulit muka sensitif sekali dengan panas matahari. Jika terkena panas matahari sebenytar saja akan langsung muncul bercak putih mirip panuyang kering dan bersisik. Dalam ilmu kedokteran, kondisi ini disebut Pityriasis Alba. Hal ini mungkin disebkan karena tidak menggunakan sunscreen, terutama saat banyak kegiatan outdoor. 

Jaman SMA dulu skincare yang aku pakai hanya sebatas sabun muka Clean n Clear atau Pond's dengan moisturizer Citra Hazeline. Makeuppun dulu hanya two way cake Caring punya mamak dan malah memperparah kondisi Pityriasis Alba-nya, sih 😅. Ya, begitu. Kondisi kulit wajahku saat itu tidak pernah mengalami masalah yang parah.

Beruntungnya aku semasa SMP-SMA saat aku memasuki masa puber beberapa remaja sesusiaku mengalami masalah-masalah hormon, seperti berjerawat parah. Alhamdulillah aku tidak mengalaminya. Masa puberku bermasalah dengan siklus menstruasinya.


acne diary
waktu SMA


jaman perawatan di klinik

Masalah mulai datang saat aku masuk kuliah. Sejak awal kuliah sampe semester dua, skincare yang aku masih sama seperti aku jaman SMA. Tapi namanya manusia selalu tidak pernah merasa puas. Saat itu kulit wajahku sedang baik-baik saja, tapi ingin lebih baik lagi. Salah satu temen dekatku, sebut saja Odie. Gila mukanya mulus glowing gitu rasanya kalo ada nyamuk mendarat bakal kepleset dah. Akhirnya aku memutuskan buat ke klinik kecantikan di Kota aku (padahal gak ada masalah muka berarti). 

Sebulan aku perawatan mulai mulus banget, masalah hampir engga ada dimuka aku. Singkat cerita sekitar 1,5 tahun aku perawatan di klinik sampe akhirnya aku baca-baca di artikel kalau krim-krim yang dikasih dokter kecantikan itu dosisnya biasanya tinggi dan bakal ada efek ketergantungan. Akhirnya aku memutuskan untuk stop aja perawatan karna duit jajan mulai terseok-seok pertimbangan ketergantungan tadi. Salahnya aku langsung stop krim-krimnya tanpa ada penyesuaian dikulitnya. Jadi bayangkan lah abis dikasih dosis tinggi langsung tiba-tiba dikasih yg rendah, ibarat udah ada di puncak terus dijorokin ke jurang, kaget dong ya. apasih wkwk -_- Nah dari sinilah jerawat silih berganti muncul. Skincare jaman aku SMA pada mental semua gak mempan bahkan ada yang kasih respon negatif huhu sedih gaksih :( Dari 2015 awal sampe 2018 ini aku mati-matian cari skincare yang cocok tanpa mau ke dokter lagi. Namanya skincare selalu trial and error yakan. Bodohnya aku suatu hari aku kemakan sama iklan jualan di FB yang jual krim abal-abal pake segala bilang bebas uji lab dan terdaftar di BPOM setelah dicek nomor POMnya bodong. Mahal pula 150rebuan. Soal krim ini aku bahas di next post terpisah aja yaaa.

Suatu hari mamak aku stres sendiri lihat muka aku. Akhirnya dimodalin lah beli krim MS Glow Acne Series yang emang aman dan terbukti ada kliniknya (sebenarnya sama aja kayak perawatan diklinik tapi ini beli krimnya doang tanpa ketemu dokternya). Sayangnya gak ada efek bagus, malah bruntusan didagu semakin nampak. Akhirnya minggu ketiga aku stop karna gak jelas antara purging atau enggak nih bingung. Pas acara kumpul keluarga pada bilang "Dini kok jerawatan, jorok ya gak pernah cuci muka." Huft plis deh.... Kalimat kaya gitu malah bikin down tau gak sih. Jangan sekali-kali deh ketemu orang yang jerawatan terus malah bilang kayak gitu. Mana tau kan usaha yang dilakuin kaya gimana buat lawan jerawat ini. Akhinya 2bulan ini aku rajin banget buka artikel, rajin baca dan lebih mengenal bahan-bahan aktif apa aja yang cocok buat jerawat. Sekarang sih sedang dalam masa purging karna lagi pake beberapa skincare. Semua jerawat muncul dan tinggal menenangkan aja. Aku juga baca di artikel, kalo penanganan jerawat lewat skincare butuh waktu normalnya 3bulan-1tahun baru bisa sembuh. Gaksama kaya diobatin sama dokter yang kadang juga dokternya gak cocok. Doain ya Girls semoga kulit aku normal lagiiii.


Desember 2017; muka dehidrasi parah, large pore, jerawat radang


Februari 2018; Muka mulai kenyal dan glowing, cerah, jerawat radang membaik, redness memudar, bekas jerawat pudar, tapi sedang purging karna skincare baru.


Girls, kalo ada rekomendasi buat jerawat matengnya cepet kempes bisa komen yaa. Lebih baik mana ya kira-kira acne patch atau spot treatment buat jerawat matengnyaa. Thank you udah sudi membaca curhatan panjang aku. See u next post 💚

You May Also Like

1 Comments

  1. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete