DALGONA COFFEE TANPA MIXER DAN WHISKER

by - April 06, 2020


Halo, teman-teman! Apa kabar nih? Ga terasa sudah masuk minggu ketiga self quarantine, semoga semua dalam keadaan sehat dan pandemi ini segera berlalu.

Btw, belakangan ini lagi hits banget Dalgona Coffee yang katanya gampang dibuat dengan alat  dan bahan seadanya. Setelah aku search dari beberapa sumber, ternyata cara pembuatannya cukup mudah dan bahan-bahan yang dibutuhkan sebagian besar sudah tersedia dirumah. 

dalgona coffee tanpa mixer
Dalgona Coffee Tanpa Mixer


Jadi, yang kita butuhkan untuk membuat satu poris atau satu gelas Dalgona Coffe hanya wadah, mixer atau whisk, kopi bubur, air panas dan gula. Terus, gimana kalau ga punya mixer atau whisker atau ga mau ribet? Yuk, simak tips sederhana versiku!

Peralatan

  • wadah
  • botol air mineral
dalgona coffee tanpa mixer

Bahan

  • kopi bubuk / kopi sachet
  • gula sesuai selera
  • air panas 2 sendok makan
  • susu
  • Es batu (optional)
dalgona coffe tanpa mixer

dalgona coffee tanpa mixer
Note: Disini aku ganti susu pakai santan dan pakai gula rendah kalori karena sedang diet. Nanti aku share metode dietku kalau sudah capai BB ideal. Dan, aku merekomendasikan kopi sachet Nescafe karna ga ada ampas yang tersisa. Banyaknya kopi, gula, dan susu bisa disesuaikan dengan selera teman-teman. 

Cara buat:

dalgona coffee tanpa mixer
  1. Masukkan kopi, gula, dan tambahkan dua sendok makan air panas ke dalam botol air minum kosong. (jangan terlalu banyak airnya karna akan menghasilkan buih yang banyak seperti kesalahanku di foto yang nanti aku lampirkan dan teksturnya ga creamy),
  2. Tutup botol dan kocok sampai adonan kopi kaku,
  3. Tuang adonan kopi yang sudah kaku ke susu yang sudah disiapkan didalam gelas. Susunya bisa disajikan dingin atau hangat sesuai selera,
  4. Selamat menikmati.
Itu dia tips buat Dalgona Coffee tanpa mixer. Salah satu faktor gagalku kali ini selain terlalu banyak air, juga karna kurang lama saat aku kocok botolnya. Sejujurnya, metode botol ini bisa berhasil, asal takaran dan durasi kocok yang pas. Kalau aku suruh pilih, aku lebih memilih kocok dengan whisker karena lebih cepat kaku dan ga cape~~

dalgona coffee tanpa mixer

dalgona coffee tanpa mixer

Sampai jumpa di artikel selanjutnya, XOXO!


You May Also Like

0 Comments