SKINCARE UNTUK PEMULA

by - September 08, 2019

SKINCARE UNTUK PEMULA

Sebenarnya apa sih skincare? Sederhananya skincare merupakan produk perawatan kulit. Tapi, di postingan kali ini saya akan mengkhususkan membahas skincare untuk wajah. Ternyata, masih banyak yang kurang menempatkan skincare sebagai salah satu kebutuhan. Kali ini saya akan merangkum beberapa tips dan rekomendasi produk memulai skincare untuk pemula. Beberapa tips dan rekomendasi produk yang saya sajikan dalam postingan ini tidak berlaku jika teman-teman memutuskan melakukan treatment di klinik kecantikan atau dokter khusus kulit.

*This is based on my experience. I am not a skincare expert, but I’ll try my best to give some tips and products recommendation for you guys.

TIPS

1.      Skincare = Sabar

Ketika kamu memutuskan untuk memulai memakai skincare, hal pertama yang harus kamu tanamkan dalam mindsetmu adalah tidak ada yang instan! Sama haknya dengan skincare. Skincare merupakan investasi untuk dirimu sendiri, baru memulai memakai skincare sehari, berharap besok sudah bersih mulus bak Ariel Tatum? Oh, no!! Tolong buang jauh-jauh pemikiran seperti itu ya teman-teman. Semua jenis skincare tidak ada yang menawarkan hasil hanya dalam pemakaian semalam, ya kecuali semacam masker, itupun hasil yang didapat bersifat sementara. Dalam pencarian skincare pasti akan mengalami trial and error sampai menemukan yang benar-benar cocok, jadi nikmati prosesnya dan harus sabar. Menurut saya, jangka waktu minimal hasil skincare dapat dilihat minimal pada bulan kedua penggunaan skincare secara rutin.

source: google.com

2.      Mengenal Kulit

Jenis dan masalah kulit setiap orang itu berbeda. Banyak produsen skincare yang menyediakan varian produknya berdasarkan jenis kulit loh. Jadi, ketika teman-teman memilih skincare, jangan 100% percaya dengan saran orang lain, karena yang paling tau kondisi kulit adalah si empunya kulit itu sendiri. sampai pada hari ini sudah banyak bermunculan berbagai merk dan jenis skincare dan bahkan pada beberapa swalayan seperti si ‘maret’ itu ada banyak pilihan skincare. Ingat ya teman-teman, skincare tidak harus mahal. tetapi asal cocok.

jenis kulit
source: google.com

3.      Rajin Membaca Ingredients / Komposisi

Kenapa penting? Hal ini untuk mengetahui atau mengantisipasi jenis-jenis komposisi yang akan memperparah atau bahkan memperbaiki permasalahan kulit teman-teman. Reaksi kulit di masing-masing orang dalam menerima bahan-bahan skincare bisa berbeda loh, sama halnya dengan poin 2. Beberapa orang ada yang sangat sensitif dengan alkohol, parfum, paraben, dan sebagainya. Tetapi, beberapa yang lain justru tidak ada masalah dengan bahan-bahan tersebut. Pada ingredients list teman-teman akan menemukan banyak sekali istilah kimia yang mungkin asing didengar. Maka dari itu, pepatah yang mengatakan “membaca adalah jendela dunia” tidaklah salah. Banyak-banyak mencari informasi terkait nama kimiawi yang tercantum di ingredients list tersebut untuk memudahkan teman-teman.
belajar istilah ingredients
source: google.com

4.      Cantik Tidak Harus Putih

Entah berasal dari mana standar kecantikan ini. Banyak sekali wanita yang menilai bahwa cantik harus putih, mulus dan terbebas dari masalah kulit. Padahal, tidak semua wanita terlahir dengan gen kulit putih. Atas standar cantik harus putih mulus yang terlanjur menjamur, banyak sekali wanita yang memilih jalan pintas dengan menggunakan produk tidak aman, seperti yang mengandung mercury. Tentu, penggunaan mercury memang membuat kulit putih, glowing dan mulus. Tapi, bagaimana efek jangka panjangnya? Teman-teman silahkan googling dampak mercury tersebut. Love yourself first, terima bagaimana keadaan teman-teman terlahir. Berkulit putih, kuning, sawo matang sekalipun itu bukanlah masalah, loh. Pun jika teman-teman ditakdirkan memiliki jenis kulit acne prone seperti saya, tidaklah jadi masalah. Saya menikmati dengan keadaan kulit acne prone ini, karena saya memiliki pori-pori yang mana jerawat adalah hal wajar untuk manusia :’D

cantik tidak harus putih
source: google.com 
Begitulah kira-kira beberapa tips dari saya untuk teman-teman pertimbangkan ketika akan memulai memakai skincare. Berikut ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi produk untuk teman-teman coba. Produk yang saya rekomendasikan lebih ke basic skincare aja sih, yaitu skincare dasar yang paling wajib digunakan.

Products Recommendation

1.      Cleanser

Cleanser merupakan produk yang fungsinya untuk membersihkan wajah. Tidak harus saat memakai makeup, wajah harus selalu dibersihkan setiap waktu, karena polusi yang menempel diwajah akan menyumbat pori-pori dan berpotensi menimbulkan jerawat. Teman-teman harus rajin membersihkan wajah, terutama malam hari menjelang tidur karena pada malam hari merupakan waktu bagi kulit wajah untuk beregenerasi. Jenis cleanser pun banyak sekali jenisnya; cleansing balm, cleansing oil, cleansing milk dan micellar water. Tetapi, untuk pemula dapat menggunakan cleansing milk atau micellar water yang mudah ditemukan di swalayan terdekat. Dalam dunia skincare, terdapat 2 step cleansing, yaitu first cleansing yang dapat menggunakan beberapa produk yang sudah saya sebut kemudian dilanjutkan pada second cleansing dengan menggunakan face wash.

First cleanser

rekomendasi first cleanser
source: google.com

rekomendasi micellar water
source: google.com

Second cleanser

rekomendasi face wash
source: google.com

2.      Toner

Toner sendiri memiliki beberapa jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan teman-teman. Diantaranya adalah:
-          Balancing toner : merupakan toner yang berfungsi untuk mengembalikan pH alami kulit setelah cuci muka
-          Hydrating toner : toner ini mempunyai kemampuan untuk menghidrasi kulit supaya lebih lembab
-          Exfoliating toner : jenis toner yang diformulasi untuk mengangkat sel kulit mati yang bersifat chemical. Eksfoliasi itu sendiri tugasnya sama seperti scrub, tetapi dalam bentuk toner sehingga lebih aman dan tidak kasar, terutama untuk pemilik wajah acne prone skin.
Untuk detail tentang beberapa jenis toner tersebut, akan saya jelaskan di post terpisah. Disini saya akan memberikan rekomendasi toner yang secara umum, yaitu untuk mengembalikan pH alami kulit (balancing toner)

rekomendasi toner wajah
source: google.com

3.      Moisturizer

Moisturizer atau pelembab bertugas untuk mengunci kelembaban pada wajah. Moisturizer wajib dipakai setiap hari dalam slot skincare routine karena untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kulit dan mencegah masalah-masalah kulit. Itulah mengapa teman-teman harus banyak belajar mengenai istilah ingredients untuk memudahkan memilih produk yang dibutuhkan.
rekomendasi pelembab
source: google.com

4.      Sunblock / Sunscreen

Satu hal ini yang beberapa kali sering dilupakan. Penggunaan sunscreen atau sunblock sangat penting sebagai proteksi terhadap sinar matahari. Sinar matahari mempunyai banyak sekali efek buruk yang dapat mengakibatkan hal buruk, seperti kanker kulit. Selain itu, sunscreen atau sunblock berfungsi untuk mengoptimalkan penggunaan semua step skincare teman-teman, loh! Percuma pakai skincare berlapis-lapis kalau pagi hari tidak dilindungi dengan sunscreen atau sunblock. Yuk ubah kebiasaan kecil ini tapi efeknya luar biasa.
rekomendasi sunscreen murah
source: google.com

Optional

Sebenarnya basic skincare cukup sampai 4 step tersebut. Tapi, teman-teman bisa menambahkan masker sebagai skincare tambahan. Masker pun banyak sekali jenisnya loh; peel-off mask, wash-off mask, clay mask, mud mask, sheet mask. Tapi, kalau mau simple saya sarankan sheet mask. Di “maret” sudah banyak masuk banyak merk sheetmask loh, teman-teman bisa pilih sesuai kebutuhan.

sheetmask murah
source: google.com
Sekian tips dan rekomendasi dari saya, teman-teman silahkan disesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing ya. Happy exploring and enjoy!


You May Also Like

2 Comments

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete