TIPS MENGATASI BIBIR KERING SAAT PUASA

by - May 20, 2019

Hai, teman-teman! Tidak terasa ya, sudah memasuki pertengahan Bulan Ramadhan😢
 Gimana, sudah bolong berapa hari? Hehe...

Berbicara puasa, masalah umum yang kerap kali kita alami adalah bibir kering, pecah-pecah, bahkan ada beberapa diantara kita yang sampai mengalami bibir berdarah. Bibir kering salah satu penyebabnya adalah kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh atau dehidrasi. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meminimalisir bibir kering teman-teman saat puasa, aku juga  menyelipkan beberapa rekomendasi produk dan juga DIY, loh..

tips mengatasi bibir kering saat puasa
source : google.com

1. Perbanyak Minum Air Putih


tips mengatasi bibir kering saat puasa
Source : google.com

Siapa sih yang gak suka air putih? Hmm... Kalau masih ada yang ga suka, coba deh latihan dimulai dengan setiap satu jam konsumsi satu sampai dua gelas air putih. Dalam sehari, tubuh kita setidaknya membutuhkan 8 gelas atau kurang lebih 2 liter air putih untuk menunjang kinerja sistem organ tubuh. Teman-teman, tahukan kalian jika warna air kencing merupakan isyarat akan "stock" air putih dalam tubuh? Semakin kuning warna air kencing, menandakan bahwa kebutuhan cairan tubuh kita sangat sedikit. Sebaliknya, semakin jernih warna air kencing, tubuh kita telah cukup memenuhi kebutuhan air dalam tubuh.

Lalu bagaimana saat puasa yang notabene tidak ada asupan cairan sama sekali sejak Subuh hingga Magrib? Cara yang aku lakukan dan cukup ampuh adalah dengan mengurangi konsumsi es saat berbuka puasa. Diawali dengan minum segelas air putih hangat. Manfaat lain mengawali berbuka puasa dengan air putih adalah. nafsu makan tidak akan "beringas", karena sebagian perut sudah terisi dengan air. Selanjutnya, dalam kurun waktu antara buka puasa sampai menjelang tidur, tetap konsumsi air putih sebanyak 2 sampai 3 gelas atau bahkan aku kadang bisa 5 gelas, loh. Begitu saat sahur, lakukan hal yang sama, menjelang makan dan setelah makan sahur, konsumsi air putih 1 sampai 2 gelas. Dengan begitu, kebutuhan cairan kalian terpenuhi dalam sehari. Tapi, jangan berlebihan, misalnya dalam satu waktu minum 1 liter air putih. Ingat, sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik.

2. Scrub Bibir 3 Hari Sekali


tips mengatasi bibir kering saat puasa

Source : google.com

Bibir juga mempunyai lapisan kulit, jadi bibirpun berpotensi mengalami penumpukan sel kulit mati. Dampaknya adalah bibir terlihat kusam dan kering. Cara mengatasinya dengan rajin melakukan eksfoliasi atau scrub bibir untuk menyingkirkan sel kulit mati tersebut dan menstrimulasi lapisan kulit yang baru. Teman-teman bisa DIY (do it yourself) scrub bibir dengan bahan alami yang mudah ditemui di dapur loh, yaitu gula pasir dan madu alami. Tekstur gula yang efektif untuk mengangkat sel kulit mati, digabung dengan manfaat madu sebagai pelembab alami bibir karena mengandung anti bakteri, sehingga tidak memperparah kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah.

Kalau teman-teman malas atau tidak mempunyai waktu untuk DIY, saat ini banyak produk Makeup dan Skincare yang juga mengeluarkan Lip Scrub, seperti Emina.

3. Gunakan Lipbalm

tips mengatasi bibir kering saat puasa
source : google.com


Ini dia yang menurutku senjata pamungkas🤣 LIPBALM! Gambar diatas merupakan salah satu lipbalm yang mudah sekali ditemukan, baik di toko kosmetik, drugstore, mini/supermarkert. Saat ini ada banyak produsen yang menggunakan Shea Butter sebagai bahan utamanya, ada pula Essential Oil dipilih sebagai Key Ingredients. Lipbalm juga punya tipe loh, ada yang tinted dan untinted, semua disesuaikan dengan selera. Aku pribadi sih lebih menyukai untinted lipbalm yang mengandung bahan Papermint, karena teksturnya tidak waxy dan ada cooling sensationnya.

Menyambung poin nomor 2, setelah scrub bibir disarankan dilanjutkan dengan apply lipbalm supaya bibir mendapat ekstra hidrasi. Yang paling penting, saat siang hari bolong, dimana matahari mulai posesif, wajib banget re-apply lipbalm ya teman-teman! Sesering mungkin, dan usahakan kalian pilih lipbalm yang mengandung UV Filter atau SPF supaya bibir juga terlindungi dari paparan sinar matahari. Teman-teman bisa mencoba Nivea, Wardah, Maybelline atau Tiff Body.

*optional
teman-teman bisa menambahkan lip sleeping mask sebelum tidur. Tapi ini hanya optional, sih. Re-apply lipbalm saat siang hari sepertinya sudah cukup menghidrasi bibir. So far, aku masih jatuh cinta dengan Laneige Lip Sleeping Mask, hehehe....

4. Kurangi Intensitas Penggunaan Lip Color
tips mengatasi bibir kering saat puasa
source : google.com

Yups, kalian tidaklah salah membaca. Lip color seperti lipstick apalagi lipcream, lipmatte dan sejenisnya merupakan salah satu pemicu bibir kering dan pecah-pecah. Selain itu, penggunaan lip color yang terlalu sering juga memicu bibir menjadi kusam dan gelap, loh. Alternatif solusi supaya bibir tetap terlihat segar, teman-teman bisa memilih tinted lipbalm :) Yaaa...kalau kepepet harus banget pakai lipcolor, pilihlah produk yang bersifat moist dan tidak dead finish, karena akan memperparah keadaan bibir kering.

Rekomendasi lip color; Make Over Creamy Lust Lipstick, lipstick dengan gloosy look finish, dan tahan lama.

Kalau mau matte finish, rekomendasiku masih NYX Soft Matte Lipcream

Eh, btw tertarik liptint tapi ga bikin kering? Boleh coba Maybelline Color Sensational Liptint, review coming up soon! Stay tune, teman-teman 😼

5. Jangan Menjilat Bibir


tips mengatasi bibir kering saat puasa
source : google.com

"Hah??? Kenapa dengan menjilat bibir? Bukannya air liur bisa melembabkan bibir yang sedang kering?"

Kalau teman-teman mempunyai kebiasaan membasahi bibir dengan menjilatnya dengan tujuan melembabkan, segera hilangkan kebiasaan tersebut, karena hanya memperparah kondisi bibir kering, loh. Air liur itu mengandung asam yang menghilangkan tingkat kelembaban bibir teman-teman sekalian. Lalu bagaiaman mengatasi ketika bibir sudang kering dan ingin "dibasahi"? Kembali ke poin nomor 3, gunakan lipbalm dan rajin-rajin untuk re-apply.


Sekian tips dari aku, semoga bermanfaat. See you on my next post, Luvvvvv 🖤🖤🖤🖤

You May Also Like

1 Comments

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete